Kerambit





Saru lagi nih SENJATA ASLI INDONESI yaitu KERAMBIT . Kerambit Sendiri adalah pisau genggam kecil berbentuk melengkung dari Asia Tenggara khususnya Indonesia, Malaysia, Pilipina. Dunia Barat menyebut pisau ini karambit sedang di minang menyebutnya kurambik. Senjata ini termasuk senjata berbahaya karena dapat digunakan menyayat maupun merobek anggota tubuh lawan secara cepat dan tidak terdeteksi

Asal mula
Berdasarkan sejarah tertulis, Kerambit telah mulai digunakan dari daerah Jawa. Menurut cerita rakyat, terinspirasi oleh cakar macan. Seperti senjata sebagian besar kawasan nusantara, pada awalnya merupakan alat pertanian dirancang untuk menyapu akar, mengumpulkan batang padi dan alat pengirikan padi. Dirancang seperti itu menjadi lebih melengkung untuk memaksimalkan potensi pemotongan. Karambit akhirnya tersebar melalui jaringan perdagangan Indonesia hingga ke negara-negara tetangga, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina dan Thailand.
Di Jawa Kerambit digunakan sebagai senjata simpanan kaum tani agraria, Kerambit tidak dipakai oleh kesatria (kelas prajurit) yang dilatih di keraton atau istana. Jadi Kerambit adalah senjata rakyat biasa.
Buku sejarah di Eropa mengatakan bahwa tentara di Indonesia dipersenjatai dengan keris di pinggang dan tombak di tangan mereka, sedangkan Kerambit itu digunakan sebagai upaya terakhir ketika senjata lain hilang dalam pertempuran. Meskipun demikian, akhirnya populer di kalangan wanita yang akan mengikat senjata ke rambut mereka untuk digunakan dalam membela diri. Bahkan saat ini, guru silat menganggapnya sebagai senjata feminin. Para prajurit Bugis Sulawesi terkenal untuk keahlian mereka dalam memakai Kerambit. Saat ini Kerambit adalah salah satu senjata utama silat dan umumnya digunakan dalam seni beladiri.
Keberadaan Kerambit di Dunia
Dengan makin populernya seni bela diri Pencak Silat popularitas pisau ini dimulai tahun 1970-tetapi berlangsung lambat. Puncaknya pada tahun 2005 beberapa perusahaan besar AS seperti Emerson Knives dan Strider Knives membuat pisau Karambit dalam jumlah banyak. Pelopor penggunaan kerambit adalah Steve Tarani yang mempunyai dasar Kerambit dari Silat CimandeSunda. Saat ini kerambit telah dikembangkan pihak barat dengan banyak varian.
Di Indonesia sendiri Kerambit di pakai oleh Silat Sumatera seperti Silat Harimau/Silek Harimau dengan sebutan Kurambik. Untuk Karambit asal Sumatera, catatan tertua yang di temukan adalah penggunaan karambit yang ditulis pada Asian Journal British, July – Dec 1827
Meskipun kerambit adalah senjata wajib personel US Marshal tetapi di Indonesia sendiri kurang begitu populer, dikarenakan senjata ini bersifat senjata rahasia yang mematikan serta tidak ada upaya pemerintah maupun militer Indonesia dalam hal ini TNI untuk menggunakan ataupun melestarikan.
Kelebihan Karambit
Kelebihan dari Kerambit adalah:
§  Bentuknyah kecil dan mudah disembunyikan
§  Sulit untuk dilucuti dalam pertarungan
§  Jarak bisa berubah tanpa merubah langkah
§  Bisa untuk dua serangan dalam satu gerakan tangan
§  Lebih membuat robekan besar untuk gerakan-gerakan tarikan yang mematikan
§  Serangan dapat lebih cepat dengan pegangan standart secara pukulan jab

Jenis Karambit
Meski secara umum bentuk Kerambit adalah sama yaitu melengkung dan memiliki lobang dibagian pegangannya, namun dalam perkembangannya Kerambit memiliki beberapa bentuk. Dari bilah tajamnya terbagai menjadi dua yaitu tajam tunggal dan tajam ganda (double edges). Sedangkan di Indonesia sendiri, Kerambit ada dua yaitu Kerambit Jawa Barat dan Kurambik Padang. Kerambit Jawa Barat biasanya memiliki lengkungan yang membulat, sedangkan Kerambit Padang memiliki lengkungan siku.
§  Kerambit kuku bima: Jawa barat, Jawa Tengah
§  Kerambit kuku Hanoman: Jawa Barat
§  Kerambit kuku macan: Sumatra, Jawa Barat dan Madura
§  Kerambit Sumbawa: Pulau Sumba
§  Kerambit Lombok: Lombok
§  Lawi ayam: Cakar ayam dari Padang

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply